Wisata alam di Jogja harus menjadi tempat sebagai tujuan wajib saat bertandang ke daerah istimewa tersebut. Jadi bukan hanya soal candi Prambanan yang cantik, namun berbagai tempat dengan pemandangan indah juga banyak di sana. 

Namun mungkin beberapa orang masih bingung wisata apa yang setidaknya bisa didatangi saat berlibur ke Jogja. Karena itu, kali ini akan direview beberapa tempat yang ada di saja. Jadi terus simak ulasannya hingga tuntas.

1. Pantai Parangtritis

Wisata pertama yang paling banyak dikenal dari Jogja adalah pantai Parangtritis yang kaya akan mistis. Parangtritis sendiri merupakan sebuah pantai yang memiliki gelombang ombak yang besar. Karena itu seru Digunakan untuk berselancar. 

Untuk lokasinya sendiri, pantai Parangtritis juga berada di kelurahan parangtritis, Kapanewon kretek. Di sana juga akan menemukan banyak sekali pedagang yang menjajakan oleh-oleh khas pantai. Belum lagi pemandangan yang akan didapatkan jika berkunjung di sana. 

Di Parangtritis sendiri pasir yang ada di sana berwarna hitam pekat seperti abu vulkanik. Sedang jika jalan ke samping ke Utara pantai Parangtritis, maka akan menemukan pantai baru. Yakni pantai Depok. 

Di pantai Depok ini biasanya suasananya tidak seramai di pantai Parangtritis. Hanya saja di sana akan menemukan banyak sekali kapal para nelayan yang sedang diparkir. Untuk tiket masuknya Sendiri sekitar 15.000.

2. Geblek Menoreh View 

Lalu untuk lokasi kedua yang juga bisa dijadikan sebagai tujuan wisata alam adalah geblek Menoreh View. Pemandangan yang ditawarkan dari tempat ini adalah hamparan sawah. Tempat ini berada di kecamatan Nanggulan. 

Di sana juga ada tempat makan yang akan membuat para pengunjung tidak perlu repot membawa bekal. Bahkan di sana pun ada berbagai macam menu yang ditawarkan. Bahkan harganya sendiri cukup murah dan ramah dikantong. 

Untuk bisa masuk ke sana maka tidak akan dikenakan biaya tiket masuknya. Namun jika membawa kendaraan, maka akan dikenakan tarif parkir yang juga tergolong sangat murah. Tinggal siapkan dana saja untuk menikmati sajian yang ditawarkan di sana. 

3. Tumpeng Menoreh

Bukit menoreh menang menjadi salah satu tempat yang khas dari Yogya, bahwa ada banyak legenda yang diceritakan dari bukit tersebut. Namun untuk saat ini sudah Banyak dijadikan sebagai tempat wisata. Salah satunya tumpeng Menoreh. 

Tempat ini sendiri berada di Ngargoretno yang masih termasuk ke dalam Kulonprogo. Tumpeng Menoreh ini adalah sebuah restoran yang didirikan di atas perbukitan menoreh. Bahkan bukan selama 24 jam penuh. 

Jika datang ke sini, maka nantinya akan dimanjakan dengan empat gunung sekaligus yang akan terlihat sangat dekat. Apalagi saat datang kesana pada waktu malam hari, maka akan terlihat pemandangan kota dari kejauhan. Namun akan dikenakan tiket masuk. 

Jadi untuk bisa menikmati pemandangan alam di tumpeng Menoreh adalah dengan membayar tiket seharga 50.000 rupiah Namun meski ini dihitung mahal, jangan khawatir. Sebab nantinya bisa ditukarkan menjadi menu yang ada di restoran. 

4. Taman Watu Cafe Dan Resto

Jika bosan dengan gunung, maka wisata alam di jogja lainnya adalah berupa pemandangan laut. Tempat ini juga merupakan sebuah Restoran namun menawarkan view atau pemandangan alam yang memanjakan mata. Apalagi jika dibarengi dengan menikmati secangkir kopi. 

Jadi tempat ini berada di berada di kecamatan panggang gunung kidul, atau lebih tepatnya di desa Girikarto. Di sana nanti akan menemukan berbagai menu yang bisa disantap sembari menikmati pemandangan yang menghampar. Tersedia juga berbagai olahan seafood. 

Meski bisa dikatakan bahwa tempat ini adalah Restoran, namun untuk bisa masuk ke sana nanti akan dikenakan tiket masuk. Namun jangan terlalu khawatir, sebab Tiket masuknya pun murah meriah. Sebab hanya 5000 per orangnya.

Di sana juga tersedia beberapa unit gazebo yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menikmati hembusan angin pantai. Gazebo ini pun berada di atas tebing, sehingga memungkinkan angin untuk berhembus dengan kencang. Pastikan datang di hari cerah. 

5. Air Terjun Sri Gethuk

Lalu untuk rekomendasi berikutnya mengenai wisata alam di jogja kelima merupakan air terjun bernama Sri Gethuk. Untuk sampai di tempat ini pun pengujung harus menempuh jalan dengan pepohonan kayu putih terlebih dahulu. Untuk menuju lokasi ini, masih bisa menggunakan kendaraan.

Hingga nanti akan sampai di kolam pemancingan sebagai tempat pemberhentian. Lokasinya sendu ada di kelurahan Bleberan, Playen kabupaten, kabupaten Gunung kidul. Bahkan air terjun ini sri Gethuk ini tak pernah kekeringan. 

Saat sampai di sana, nanti akan dimanjakan dengan gagahnya tebing-tebing tinggi yang ada di kiri kanannya. Jika ingin masuk ke lokasi maka akan dikenakan tiket sebesar 15.000. Lalu untuk menyewa perahu rakit dikenakan biaya 10.000. 

Demikian adalah ulasan sekilas mengenai wisata alam di jogja yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata. Tinggal pilih salah satu wisata yang sekiranya menarik untuk didatangi. Karena di Jogja sendiri memiliki banyak sekali wisata alam lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *