Beberapa wisata indoor Jogja menawarkan pengalaman yang berbeda dari wisata alam. Wisata indoor ini  dapat dilakukan kapan saja tanpa harus khawatir dengan cuaca. Sebab, saat musim hujan atau terik tetap dapat menikmati kegiatan yang menyenangkan.

Dengan mengunjungi wisata indoor di Jogja ini, maka telah ikut serta membantu mendukung industri pariwisata lokal. Berikut beberapa tempat wisata di Jogja yang berkonsep indoor dan bisa dikunjungi kapan saja bersama keluarga, teman, atau pasangan: 

1. Tempat Wisata Taman Pintar

Taman Pintar adalah sebuah taman wisata yang berfokus pada edukasi di Yogyakarta sehingga bisa berwisata sekaligus menambah pengetahuan. Taman ini menawarkan berbagai macam atraksi seperti planetarium, simulator pesawat, laboratorium, panggung mini, dan masih banyak lagi.

Tempat lokasi wisata indoor ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh keluarga bersama dengan anak-anak, karena disini bisa belajar sambil bermain. Tempat wisata ini beralamat di Jl. Panembahan Senopati Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta dan dibuka setiap hari.

2. Benteng Vredeburg yang Bersejarah

Benteng Vredeburg menyajikan banyak sekali koleksi tentang perjuangan Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan bangsa Belanda. Museum ini menyajikan berbagai macam koleksi seperti artefak dari masa penjajahan Belanda, perjuangan kemerdekaan Indonesia, dan pemerintahan Indonesia pasca-kemerdekaan.

Jika ingin berkunjung, datang dan carilah lokasi tempat wisata ini yang beralamat di Jalan Margomulyo No. 6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan Kota Yogyakarta. Sehingga spot ini menjadi tempat terbaik untuk berfoto kemudian mengunggahnya ke media sosial.

3. Museum Gunung Api Merapi

Museum Merapi adalah sebuah museum khusus yang dibangun dan berfokus pada kegiatan vulkanologi di Yogyakarta. Museum ini juga menyajikan informasi tentang gunung berapi Merapi, erupsi-erupsi terbesar yang terjadi, serta penjelasan tentang bahaya erupsi gunung berapi.

Museum ini menawarkan berbagai macam koleksi seperti benda-benda peninggalan erupsi Merapi, foto-foto, dan dokumentasi tentang aktivitas vulkanologi. Sehingga bisa mengetahui tentang proses terjadinya letusan gunung berapi. Tepat ini beralamat di Jl. Kaliurang No.Km, kota Yogyakarta.

4. Museum Ullen Sentalu Museum

Ullen Sentalu adalah suatu sekolah seni serta budaya Jawa yang berada di kawasan Sleman, Yogyakarta. Museum tersebut mengamankan berbagai jenis koleksi seni dan budaya yakni wayang, batik, keramik, senjata tradisional, dan pernak-pernik budaya Jawa lainnya.

Di sini bisa mempelajari tentang seni dan budaya Jawa, serta melihat langsung berbagai macam koleksi yang dipajang di museum. Terdapat juga taman yang indah sehingga cocok dikunjungi oleh siapa saja yang ingin menikmati suasana  damai.

5. Museum Dirgantara Yogyakarta

wisata indoor Jogja lainnya adalah Museum Dirgantara yang merupakan sebuah museum pesawat terbang yang terletak di jl. Kaliurang, Yogyakarta. Museum ini juga telah memiliki berbagai koleksi pesawat dan alat-alat terbang dari berbagai jenis dan era.

Museum Dirgantara juga menawarkan fasilitas simulator terbang, sehingga pengunjung bisa merasakan sensasi menjadi pilot pesawat terbang. Tidak hanya itu, di museum ini juga bisa mempelajari banyak sejarah penerbangan di Indonesia bahkan di tingkat dunia juga.

6. Wisata Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali adalah sebuah monumen sejarah yang terletak di Jl. Ring Road Utara, kota Yogyakarta. Monumen tersebut didirikan gua memperingati kembalinya ibu kota Indonesia dari Bukittinggi ke Yogyakarta pada tahun 1949, setelah masa penjajahan Belanda.

Monumen ini terdiri dari patung yang megah dan taman yang indah, serta dilengkapi dengan fasilitas audio visual pada saat itu. Disana pengunjung dapat mempelajari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dan menikmati keindahan taman yang sejuk.

7. Tempat Wisata Upsite Down

Tempat wisata Upside Down adalah sebuah tempat wisata unik yang terletak di Yogyakarta, di mana interior ruangan dibalik sehingga terlihat seperti terbalik atau upside down. Konsep wisata ini dibuat untuk memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung

Furniture dalam ruangan Upside Down, yakni meja, kursi, dan dekorasi lainnya, tampak seperti tergantung di langit-langit atau terbalik di dinding.  Selain aktivitas-aktivitas yang menyenangkan, tempat ini menyediakan berbagai fasilitas seperti ruang istirahat, toilet, dan kafe.

8. Tempat Wisata Ramayana Ballet

Ramayana Ballet ialah suatu pertunjukan berupa tari tradisional yang asalnya dari Jawa, terkenal di Indonesia. Pertunjukan ini diadakan di Candi Prambanan dan menceritakan kisah dari epos Ramayana, yang merupakan karya sastra terpenting dalam tradisi Hindu.

Pertunjukan tari Ramayana Ballet dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia seni tari. Sebab, seni ini menyajikan tarian yang indah dengan iringan musik tradisional Jawa dan kostum yang khas. Pengunjung juga bisa menjelajahi kompleks Candi Prambanan.

Jadi, ada 8 tempat wisata indoor Jogja yang menawarkan pengalaman seru untuk para wisatawan yang baru datang mengunjungi lokasi tersebut. Pilihlah tempat wisata yang aman untuk dikunjungi dan tamu undangan sehingga terkadang terlalu banyak pengeluaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *