Salah satu kota yang terkenal dengan wisatanya yaitu Jogja. Selain tempat modern, ada juga wisata religi Jogja yang cocok dijadikan destinasi dalam mengisi liburan.

Mengisi waktu liburan, bukan hanya bisa dirayakan dengan mengunjungi tempat-tempat modern ala milenial jaman sekarang. Namun, mengisi waktu liburan juga bisa diisi dengan berkunjung ke wisata religi.

Di manakah tempat wisata religi tersebut? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel berikut hingga habis sebelum menentukan tempat untuk menghabiskan waktu luang.

Kumpulan Wisata Religi Jogja Terbaik

Dari beragam wisata religi di Jogja, ada 3 tempat yang saat ini memiliki banyak peminat. Di 3 tempat berikut, masyarakat yang berkunjung bisa melakukan berbagai kegiatan religius seperti berdoa ataupun melakukan ibadah kebaikan yang lain.

Dikutip melalui berbagai sumber, yuk simak 3 tempat wisata religi Jogja terbaik berikut ini. Jangan lupa untuk berkunjung, agar mendapat pengalaman wisata yang asyik sekaligus bermanfaat.

1. Wisata Religi Dusun Mlangi

Destinasi wisata religi Jogja yang pertama adalah wisata Dusun Mlangi. Dusun Mlangi merupakan tempat wisata yang menyuguhkan perkampungan Islam dengan nuansa indah serta syahdu.

Di sini, pengunjung dapat berkeliling dan melakukan ziarah ke makam-makam tetua dusun tersebut. Bukan hanya itu, pengunjung juga bisa berkunjung dan melihat pondok pesantren ikonik yang memiliki umur berpuluh-puluh tahun.

Uniknya, walau pondok pesantren tersebut telah berdiri beberapa puluh tahun lalu, namun bangunannya masih begitu asri serta kokoh. Nuansa religius di Dusun Mlangi ini tentunya sangat kental dan dapat membekas di hati para pengunjungnya.

Untuk calon pengunjung yang tertarik ke Dusun Mlangi, bisa mengunjungi alamat di Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dan harga tiket wisata Dusun Mlangi adalah gratis alias tidak dipungut biaya apapun, dan dibuka setiap hari.

2. Wisata Religi Makam Syekh Jumadil Qubro

Melakukan wisata religi, selain untuk mengisi waktu luang tentunya juga bisa dirangkap dengan melakukan ziarah kubur. Oleh karena itu, wisata religi Makam Syekh Jumadil Qubro sangat direkomendasi bagi pengunjung yang memiliki niat tersebut.

Makam Syekh Jumadil Qubro yang terletak jauh, nyatanya tidak menciutkan niat pelancong untuk berkunjung ke tempat ini. Lokasi makam tersebut adalah berada di Bukit Turgo, Kaliurang, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Perlu diketahui jika Syekh Jumadil Qubro merupakan tokoh Islam yang sangat penting. Beliau memiliki peran sebagai penyebar agama Islam semasa hidupnya.

Apabila calon pengunjung tertarik untuk melancong ke tempat ini, biaya tiket masuknya gratis. Namun, biasanya akan disediakan tempat amal bagi warga yang bersedia ikut membantu, guna perawatan makam tersebut.

Jam buka dari wisata ini juga setiap hari. Sehingga, kapan pun dan dari mana pun, pengunjung tetap dapat melawat tanpa takut tertipu.

3. Wisata Religi Masjid Gede Kauman

Wisata religi yang terakhir adalah Masjid Gede Kauman. Masjid yang berlokasi di Alun-Alun Keraton, Jln. Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta ini merupakan kawasan pemakaman Nyai Ahmad Dahlan.

Diketahui jika Nyai Ahmad Dahlan atau yang dikenal juga dengan nama Siti Walidah, merupakan seorang wanita yang memiliki jasa berjuang untuk kaumnya. Beliau semasa hidupnya sangat memperjuangkan emansipasi perempuan.

Selain itu, Nyai Ahmad Dahlan adalah istri dari seorang pendiri organisasi Muhammadiyah dan merupakan pahlawan Indonesia. Adapun suami Nyai Siti Walidah bernama Ahmad Dahlan.

Masjid Gede Kauman, tentulah menjadi bangunan bersejarah dengan nuansa islami yang teramat kental. Di sini, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan ibadah seperti sholat, mengaji, atau pun berziarah.

Walau berdiri sudah sejak lama, Masjid Gede Kauman memiliki bentuk utuh hingga saat ini. Bangunannya yang unik juga memiliki arti tersendiri, berikut keunikan dan maknanya:

Sama seperti tempat sebelumnya, wisata religi Masjid Gede Kauman tidak memiliki HTM alias gratis dan dibuka setiap hari. Namun, pengunjung tetap bisa bersedekah lewat kotak amal yang biasanya disediakan pengelola.

Manfaat Berwisata Religi

Berwisata religi tentunya memiliki banyak manfaat bagi seseorang. Adapun beberapa manfaat melakukan wisata religi di antaranya:

Nah, itulah kiranya tempat wisata religi Jogja yang dapat dikunjungi dan boleh dijadikan rekomendasi wisata. Mari pertebal keimanan dengan cara yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *