Ada banyak hal yang bisa dilakukan ketika mengisi waktu berlibur seperti mengunjungi tempat wisata yang bisa menambah wawasan. Contohnya adalah dengan mengunjungi wisata kraton jogja untuk mengetahui wawasan tentang budaya.

Wisata ini cocok untuk dilakukan dengan keluarga atau kerabat dekat di hari libur. Bersantai sambil mengunjungi tempat yang menarik seperti kraton Jogja ini bisa menambah wawasan dan juga bisa menambah koleksi foto di galeri.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa berkunjung ke wisata kraton jogja pengunjung bisa datang sejak pagi hari mulai dari pukul 8 pagi sampai pukul 2 siang. Waktunya terbatas untuk pengunjung umum karena memang hal tersebut diberlakukan oleh pihak Keraton Jogja.

Wisata ini bisa diakses oleh masyarakat umum baik itu wisatawan lokal maupun asing. Namun untuk wisatawan asing harga tiket yang diberlakukan sedikit berbeda yakni 15 ribu rupiah per orang. Sedangkan untuk wisatawan lokal hanya dikenakan tarif 8 ribu rupiah saja.

Lewat biaya tersebut pengunjung bisa menikmati suasana di area kraton jogja. Tempat ini cukup luas dan tersedia banyak fasilitas agar pengunjung bisa merasa nyaman. Contohnya ada tempat ibadah, ada juga tempat makan.

Wisata Keraton Yogyakarta biasanya buka setiap hari dari pagi hingga siang hari, tepatnya mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB. Seperti disebutkan sebelumnya, wisata ini dibuka untuk masyarakat umum, baik pengunjung lokal maupun wisatawan asing.

Di samping itu, ada pula berbagai toko cinderamata yang menjajakan beragam souvenir menarik untuk oleh-oleh Anda ketika pulang. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, jangan khawatir, area parkir di Keraton Yogyakarta sangat luas dan nyaman. Tentu ini menjadi rekomendasi tujuan liburan menarik dan edukatif bagi Anda dan keluarga.

Lokasi Wisata Kraton Jogja

Untuk bisa mengunjungi Kraton Jogja, wisatawan harus pergi ke lokasi Keraton Ngayogyakarta yang ada di pusat kota Jogja. Alamat lengkapnya ada di Jalan Rotowijayan, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Wilayah komplek utama yakni Kedhaton yang tak bisa dikunjungi oleh wisatawan umum dan hanya dikunjungi tamu undangan.Sedangkan tempat yang bisa dikunjungi adalah dari gerbang utama yang bisa dimasuki dari arah utara. 

Dari sana banyak acara yang diselenggarakan seperti acara kerajaan yang sering ditonton oleh rakyat jogja.Keraton jogja juga punya masjid gedhe yang ada di wilayah alun-alun utara. Selain itu ada beberapa kompleks lain yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum.

1. Spot Wisata di Kraton Jogja

Untuk menikmati kunjungan ke wilayah Kraton Jogja, pengunjung bisa merasakan atmosfir yang berbeda dari museum kebanyakan. Disini pengunjung akan melihat hal-hal unik dari kerajaan jogja yang pasti sudah ada sejak kerajaan tersebut berdiri.

2. Wisata Museum Kerajaan

Menikmati wilayah kerajaan Kraton Jogja tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke museum kerajaan. Disana ada hal yang bisa dipelajari seperti barang-barang peninggalan yang unik serta antik karena tidak bisa ditemukan ditempat lain.

Koleksinya sangat lengkap dan terjaga dengan baik karena dilindungi oleh lemari kaca. Ada berbagai hal yang bisa dilihat mulai dari miniatur, replika, seni, senjata dan beragam jenis benda lain yang dimiliki kerajaan yang pastinya punya nilai.

Meskipun ini wilayah umum yang bisa diakses siapa saja, namun didalam wilayah kraton ini pengunjung tidak bisa sembarangan mengambil foto. Ada beberapa larangan berfoto yang berlaku disini contohnya foto membelakangi Keraton serta Abdi Dalem. 

Hal tersebut dilarang karena disebut tidak sopan dan kurang menghormati pegawai kerajaan yang sedang bertugas dan terhormat. Banyak juga hal yang bisa diketahui seputar tanah jawa di museum ini, seperti aktivitas yang dilakukan abdi dalem keraton jogja.

3. Pertunjukan Seni

Tidak cuma menikmati museum dengan barangnya yang unik, pengunjung wisata kraton jogja juga bisa menikmati pertunjukan seni, menonton pertunjukan seni khas kraton jogja jadi hal unik yang tidak bisa ditemukan dimana-mana.

Pertunjukan ini seringkali ditampilkan di wilayah kerajaan untuk menghibur masyarakat. Ada beragam jenis pertunjukan yang dihadirkan seperti wayang, serta tarian tradisional yang kental dengan budaya.

Untuk menikmati pertunjukan ini wisatawan tidak akan dikenai biaya sama sekali. Wisatawan bisa juga menikmati hal lain seperti perlombaan yang diadakan di area Kemandhungan Kidul. Pertunjukan ini sangat unik, karena para pesertanya wajib menggunakan pakaian adat jawa.

4. Upacara Adat

Kraton dijadikan sebagai pusat budaya adat Kejawen, sehingga akan ditemukan banyak ritual adat yang mungkin sudah hilang di daerah lain. Upacara ini tidak sembarangan dilakukan karena punya nilai filosofi yang tinggi dan sangat menarik untuk diikuti.

Acara ini biasanya diadakan di kawasan khusus seperti Gunung Merapi. Keraton jogja ini tidak bisa terlepas dari pengaruh islam yang sangat kuat jadi pasti tradisinya masih berkaitan dengan nilai-nilai islami.

Itu dia serangkaian informasi tentang hal menarik dari Wisata Kraton jogja yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Pastikan jika berkunjung kesini jaga kesopanan dan selalu mengikuti aturan yang ada untuk menghormati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *