Tak hanya Parangtritis saja, namun ada juga waduk sermo jogja yang juga bisa dijadikan sebagai tujuan wisata. Jogja menang selalu menawarkan keindahan alam yang ciamik. Termasuk waduk yang ada di Sermo ini. 

Jadi waduk sendiri merupakan sebuah bendungan dan sermo menandakan bahwa tempat teras ada di Sermo. Bagi yang menjadi lokasi tersebut sebagai tujuan wisata, maka jangan lupakan untuk mengetahui detail tentang wisata tersebut. Sehingga akan lebih tahu tentangnya. 

Sekilas Tentang Waduk Sermo 

Perlu diketahui, bahwa waduk Sermo ini merupakan waduk yang dibangun di tengah-tengah pegunungan menoreh. Di mana tempat ini diresmikan pada tahun 1989 oleh presiden saat itu. Tempatnya yang berada di pegunungan tentu membuat tempat ini masih asri. 

Waduk Sermo sendiri merupakan sebuah destinasi wisata yang ditawarkan oleh Kulon Progo yang akan di Yogyakarta. Di wisata tersebut ada berbagai macam daya tarik yang ditawarkan. Salah satunya adalah airnya yang jernih yang terlihat sedikit kehijauan. 

Bagi yang tinggal di perkotaan, maka tempat ini akan sangat cocok jika dijadikan sebagai agenda libur di akhir pekan. Hal ini dikarenakan udara disana masih sejuk khas pegunungan. Kanan kiri mata memandang juga akan ditemukan pepohonan tinggi. 

Selain itu, pengunjung pun bisa duduk di seluruh hamparan rumput hijau yang membentang. Apakah jika datang berkunjung saat musim panas. Maka keindahan yang akan didapatkan akan semakin bertambah. 

Bagaimana tidak, jika duduk di tepi waduk, akan dapat melihat dengan jelas air yang jernih memantulkan awan di atas langit juga pepohonan di sekitar. Sesekali air juga tampak terusik karena adanya pergerakan hewan di bawah air. Ditambah dengan angin sepoi-sepoi. 

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Di Waduk Sermo

Setelah mengetahui sekilas tentang waduk Sermo, maka kali ini akan diulas lagi tentang kegiatan yang bisa dilakukan di waduk Sermo. Jadi, ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan. Untuk lebih jelasnya bisa simak ulasannya. 

1. Berkemah 

Hal pertama yang dapat dilakukan di waduk sermo jogja adalah berkemah. Jadi memang pihaknya memperbolehkan pengunjung wisata ini untuk melakukan kemah. Ini akan sangat cocok bagi yang ingin menikmati sunrise di pagi hari. 

Jadi di sekitar waduk pun juga sudah disediakan area yang bisa digunakan untuk berkemah. Dari tempat tersebut, pengunjung bisa lebih menikmati keindahan alam yang disajikan. Apalagi saat malam hari yang diselimuti kabut khas pegunungan. 

Saat pagi hari, maka kabur akan dengan perlahan memudar. Digantikan dengan sunrise yang terlihat muncul dari balik pegunungan menoreh. Mengembalikan kehangatan yang sebelumnya telah terenggut saat malam hari. 

2. Berkeliling Waduk Dengan Perahu Motor

Jika ingin menikmati keindahan di tengah waduk, maka ada solusi yang bisa digunakan selain berenang, yakni dengan menyewa perahu motor. Di atas perahu, setidaknya pengunjung bisa menikmati keindahan yang lebih luas. Dimana seperti dikerumuni pepohonan. 

Dari atas perahu ini, pengunjung akan dapat dengan mudah melihat pemandangan pegunungan dan pepohonan yang hijau. Sehingga akan sangat bagus jika dijadikan sebagai objek foto. Jadi persiapkan kamera jika datang berkunjung ke sana. 

3. Berkeliling Dengan Gethek

Laku yang ketiga adalah bisa berkeliling dengan Gethek, dimana gethek ini merupakan sebuah transportasi yang terbuat dari bambu. Jadi bambu ini dirakit hingga mencapai lebar sekitar dua meter. Ini nantinya bisa digunakan untuk mengeksplorasi waduk. 

Berbeda dengan perahu motor, jika menggunakan gethek, maka harus siap basah dan harus tetap waspada. Hal ini dikarenakan gerakan gethek yang tidak terduga. Namun jangan khawatir sebab sudah disediakan pegangan. 

Kerennya lagi, bahwa di waduk ini pun juga sering dijadikan sebagai latihan TNI. Juga sebagai tempat untuk mengadakan berbagai jenis perlombaan. Seperti perlombaan perahu naga, lomba dayung dan sebagai. 

HTM Dan Lokasi Wisata

Jika tertarik untuk berkunjung ke waduk sermo jogja maka tentu harus tahu HTM dari wisata tersebut. Jadi bila hanya ingin menikmati keindahan alam di sana, maka akan dikenakan biaya sebesar 6000 per orang. Namun berbeda jika Untuk kegiatan lain. 

Misalnya adalah jika datang ke waduk Sermo adalah untuk berkemah, maka akan dikenakan biaya sebesar 15.000 untuk perorangan. Bila membawa kendaraan pribadi, maka nanti akan dikenakan biaya tambahan. Harganya bisa kapan saja berubah.

Lalu untuk lokasinya berada di Sermo lor yang masih termasuk desa Hargowilis. Wisata ini berada di kecamatan Kokap, kabupaten Kulonprogo, Jogja atau Yogyakarta. Agar lebih jelas, bisa gunakan google maps. 

Wisata ini akan buka mulai dari jam tujuh pagi dan akan kembali ditutup saat sudah jam lima sore. Namun bagi yang ingin berkemah, maka tidak perlu khawatir karena bisa tetap disana selama 24 jam. Karena hal ini juga biayanya lebih mahal. 

Demikian adalah ulasan sekilas mengenai waduk sermo jogja yang perlu diketahui. Beberapa fasilitas juga sudah tersedia di sana, seperti mushola, gazebo, spot memancing dan sebagainya. Di sana juga sudah tersedia warung untuk mengisi perut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *