Selain wilayah Gunung Kidul daerah Jogja juga memiliki Kaliurang yang begitu fenomenal dengan banyaknya objek wisata. Karena daftar wisata Kaliurang Jogja selalu diburu pengunjung. Lantaran unik dengan ciri khas, serta bisa dijadikan tujuan berwisata bersama keluarga.

Dengan adanya Hawa berupa pegunungan memberikan kesan yang sejuk untuk setiap orang berkunjung ke wilayah ini . Bahkan disebut-sebut mirip halnya seperti daerah Bogor dan wilayah Bandung bagi daerah Jawa Barat. Tetapi Jogja juga memiliki Kaliurang.

Wisata keluarga menjadi tempat yang paling banyak menarik perhatian pengunjung pada wilayah tersebut. Lantaran cocok untuk menikmati waktu bersantai bersama orang-orang yang dicintai simak berbagai wisata populernya di daerah ini.

1. Agrowisata Bumi Merapi

Wisata Kaliurang Jogja pertama adalah dengan mengunjungi daerah agrowisata bumi Merapi. Untuk hal tersebut sendiri menyajikan berupa spot foto unik serta wisata edukasi. Tempat wisata ini juga dibuka untuk setiap hari bagi semua pengunjung.

Harga tiket masuk untuk mengunjungi wisata ini berkisar Rp30.000 saja. Kemudian jika ingin mengunjungi berbagai tempat lainnya tidak perlu membayar biaya tambahan. Serta juga tersedia pemandangan unik seperti perkebunan serta budidaya ternak.

2. Merapi Park

Begitu juga halnya untuk kawasan Merapi Park yang buka sejak jam 09.00 pagi sampai 5 sore. Untuk ini sendiri terdapat berbagai miniatur sejumlah bangunan yang ikonik di dunia. Tahun 2022 lalu ditambah pembukaan Dino park.

Jika ingin mengunjungi 4 tempat wisata di dalamnya cukup dengan membayar tiket sebesar Rp35.000. Serta banyak foto-foto unik yang bisa dihasilkan ketika berkunjung pada tempat wisata ini. Dipastikan tidak bisa ditemukan pada tempat wisata lain.

3. Museum Ullen Sentalu

Jika ingin mengunjungi kawasan wisata budaya ada baiknya mengunjungi daerah museum ullen Sentalu. Karena ini juga termasuk dalam wisata Kaliurang Jogja yang populer dibuka setiap Selasa sampai Minggu.

Museum tersebut letaknya di dekat bukit turgo dengan adanya 9 ruang yang bisa dinikmati masing-masing unsur keunikannya. Museum tersebut diprakarsai oleh keluarga Haryono dengan banyaknya hal positif berkaitan dengan budaya yang bisa dipelajari.

4. Tlogo Putri Kaliurang

Begitu juga halnya dengan Tlogo Putri Kaliurang masuk dalam wisata Kaliurang Jogja. Kawasan ini dibuka untuk setiap hari, sejak jam 07.00 hingga 4 sore. Paling dikenal dengan adanya Tlogo Muncar sebagai sumber air yang alami.

Kemudian juga ada wahana berupa danau buatan serta pengunjung bisa menaiki berbagai kapal dengan hiasan unik ketika berkunjung ke sini. Juga tersedia berbagai warung untuk bekal jika lapar saat berkunjung.

5. Suraloka Zoo

Jangan lewatkan untuk berkunjung pada suraloka Zoo yang juga telah hadir sejak 2021 lalu. Kawasan wisata ini memang menjadi tujuan menarik bagi banyak orang terutama dengan harga terjangkau berkisar Rp30.000.

Namun untuk anak dibawah usia 1 tahun masuk secara gratis dimulai buka pada pukul 09.00 pagi. Menghadirkan wisata edukasi yang letaknya pada daerah KM 26 Kota Jogja.

Kemudian anak-anak bisa bebas berinteraksi dengan sejumlah hewan yang terdapat di dalamnya. Dipastikan jadi kenangan tak terlupakan.

6. Museum Gunung Api Merapi

Jika ingin mengunjungi sejumlah peristiwa yang menjadi kenangan saat peristiwa gunung api Merapi bisa mengunjungi museumnya. Dimulai dibuka pada pukul 08.00 pagi namun tutup di hari Senin.

Banyak kenangan berkaitan dengan letusan gunung api yang masih ada sampai kini. Serta memberikan pelajaran yang begitu berarti untuk setiap pengunjung.

7. Stonehenge Jogja

Berikutnya masuk dalam rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi bernama stonehenge Jogja. Mirip seperti duplikat dari salah satu jajaran batu berukuran raksasa yang berada di Inggris.

Serta juga kini dikenal sebagai suatu situs dunia yang dibuka mulai pukul 07.00 pagi. Banyak masyarakat menjadikan kawasan ini sebagai suatu tempat fenomenal untuk melakukan foto prewedding.

Untuk jam bukanya sendiri mulai dari pagi hari dan tutup pada pukul 05.00 sore. Serta pemandangan alam yang begitu indah juga ikut mencari daya tarik tambahan.

8. Taman Kaliurang

Kawasan Kaliurang juga membuat sebuah taman Kaliurang yang bisa dikunjungi semua orang. Mulai buka pada pukul 09.00 pagi setiap Selasa sampai Minggu. Maka dari itu cocok dijadikan sebagai kawasan untuk piknik bersama dengan anggota keluarga.

Banyaknya patung juga turut menambah ramainya suasana pada taman ini. Serta juga banyaknya pepohonan rindang. Membuat udara semakin sejuk pengunjung diperbolehkan untuk membawa berbagai jajanan dari luar.

Jadi itulah berbagai rekomendasi terkait dengan wisata Kaliurang Jogja. Rata-rata berbagai tempat wisata ini memang begitu populer serta telah dikenal sejak lama. Kemudian menjadi pilihan andalan bagi masyarakat jika ingin menghabiskan waktu.

Hal ini tentu saja selain dari harga terjangkau juga banyaknya kelebihan yang dirasakan secara langsung ketika telah mengunjunginya. Tidak heran begitu banyak masyarakat yang betah untuk berlama-lama. Hingga kembali lagi mengunjungi tempat ini walau telah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *