DIY merupakan salah satu tempat yang menawarkan berbagai keindahan alam untuk dijadikan tujuan wisata salah satunya gua pindul Jogjakarta yang ramai pengunjung. Sama seperti namanya, bahwa wisata ini adalah sebuah gua. Karena itu kali ini akan membahasnya. 

Daya Tarik Goa Pindul

Jadi yang perlu diketahui, gua Pindul ini merupakan sebuah gua yang memiliki aliran sungai di dalamnya. Tentu sungai tersebut juga memiliki diameter Yang cukup Digunakan bagi pengunjung yang ingin menjelajah. Di bawah ini pun akan disebutkan mengenai beberapa daya tarik yang ada di sana. 

1. Sungai Bawah Tanah

Daya tarik pertama yang paling menonjol dari tempat ini adalah dengan adanya sungai di bawah tanah. Tentu hal ini terdengar begitu unik namun nyata adanya. Bahwa tempat ini pun ada di jogjakarta yang bisa dikunjungi kapan saja. 

Meski sungai ini ada di bawah tanah, namun jangan khawatir airnya akan keruh atau semacamnya. Karena air di aliran sungai tersebut sangatlah jernih. Meski tidak begitu terlihat karena terhalang oleh gelapnya gua. 

2. Menyusuri Sungai Dengan Ban Pelampung

Beberapa pengunjung mungkin tak akan percaya jika ada sungai di bawah tanah seperti yang dikatakan tadi. Karena itu, daya tarik lain dari gua pindul Jogjakarta adalah bisa menyusuri sungai dengan ban pelampung. Perjalanannya pun memakan waktu lama. 

Hal ini dikarenakan panjang dari sungai ini bukan hanya puluhan meter saja, namun mencapainya ratusan. Bahkan dikata jika sungai di gua Pindul ini sepanjang 300 meter. Dimana bisa ditempuh perjalanan selama 45 menit. 

3. Terdapat Stalaktit Terbesar Keempat Di Dunia 

Jika berkunjung ke gua, pasti akan menemukan yang namanya Stalaktit maupun stalakmit yang ditawarkan oleh tempat tersebut. Termasuk dengan apa yang disajikan oleh gua Pindul di tanah Jogja ini. Bahkan stalaktit ini yang terbesar keempat di dunia. 

Tentunya dengan datang ke sini akan memberi pengalaman baru yang mungkin tidak didapatkan di wisata gua lainnya. Di dalam gua ini pengunjung juga akan dimanjakan dengan ornamen candi layaknya atau kristal. Jadi pastikan membawa kamera. 

4. Ada Chamber Atau Kolam Besar 

Lalu daya tarik berikutnya yang juga akan ditemukan di lokasi wisata ini adalah akan menemukan Chamber yang terlihat seperti kolam besar. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati dinginnya air sungai. Bisa dengan berenang atau sekedar berendam. 

Jangan khawatir jika berenang di sana akan terasa gelap, Sebab di atas Chamber tersebut terdapat lubang gua di atasnya. Apalagi jika datang saat pagi jam sembilan hingga jam sepuluh. Maka akan ada Ray of light yang sangat indah. 

Cahaya ini pun juga kerap disebut sebagai cahaya surga. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam dengan berenang. Atau bisa juga memacu adrenalin dengan meloncat dari tebing tinggi yang ada di gua. 

5. Bendungan Banyu Moto 

Setelah selesai menyusuri sungai yang ada di bawah tanah, maka akan langsung bertemu dengan. Bendungan Banyu Moto. Dimana bendungan ini terletak di luar gua. Sehingga sinar matahari sudah didapatkan di tempat ini. 

Bendungan ini pun menyerukan kolam dimana tempat ini sudah dibangun sejak zaman Belanda dahulu. Biasanya para pengunjung akan menikmati bendungan dengan meloncat dari atas ketinggian. Apalagi di saat sinar matahari tengah terik, tentu sangat menyegarkan. 

Fasilitas Yang Ada Di Gua Pindul

Setelah membahas tentang budaya tarik yang ditawarkan, maka makan dibahas pula fasilitas apa saja yang disediakan. Karena gua pindul Jogjakarta termasuk tempat yang ramai, maka fasilitasnya pun cukup lengkap. Seperti yang akan diuraikan di bawah ini. 

HTM Dan Lokasi Wisata 

Lalu yang terakhir akan dibahas kali ini adalah perkara HTM dari lokasi tersebut. Jadi untuk masuk ke kawasan wisata akan dikenakan biaya sebesar 10.000. lalu jika ingin masuk ke kawasan gua, maka akan dikenakan biaya lagi sebesar 35.000. 

Jika ditotal maka harga tiketnya sebesar 45.000 namun belum termasuk fasilitas rafting. Jadi jika ingin menelusuri sungai maka siapkan biaya tambahan untuk menyewa fasilitas yang dibutuhkan. Juga untuk menyewa pemandunya. 

Untuk lokasi wisata berada di dusun Gelaran 1, Desa Bejiharjo dan masih satu wilayah dalam kecamatan Karangmojo. Jadi dari Jogja, bisa datang ke kabupaten gunung kidul, kemudian ikut alamat tersebut. Atau langsung gunakan google maps. 

Demikian adalah ulasan mengenai wisata gua pindul Jogjakarta yang bisa dijadikan agenda berikutnya. Lalu untuk jam buka dari tempat ini mulai dari jam setengah tujuh pagi. Lalu akan kembali ditutup jika sudah jam lima sore hari. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *