Apakah ada wisata Jogja dekat Malioboro? Tenang saja, karena selain menjadi kota pelajar, Jogja juga dijuluki sebagai kota wisata. Banyak sekali wisata yang jaraknya berdekatan dengan pusat kota termasuk salah satunya wisata yang dekat Malioboro.

Sudah tak heran lagi, sepanjang jalan dari Tugu Jogja hingga perempatan kantor pos dihiasi dengan wisata-wisata yang indah. Banyak orang yang datang berkunjung karena ingin mempelajari wisata tersebut. Banyak pula yang datang untuk sekedar foto-foto.

Lalu ada wisata apa saja sih? Apakah wisatanya menarik dan terkenal. daripada terus penasaran ada  wisata apa saja, simak uraian berikut:

1. Tugu Jogja Malioboro

Rekomendasi wisata Jogja dekat Malioboro yang pertama adalah Tugu Jogja dimana tugu ini menjadi icon bagi Kota Jogja itu sendiri. Banyak yang bilang, kalau ke Jogja tidak afdol jika tidak berkunjung ke Tugu Jogja ini.

Tugu ini merupakan salah satu monumen bersejarah yang sejak 3 abad lalu menjadi simbol dari Kota Jogja. Tugu ini dibangun tahun 1755 silam. Di sekitar Tugu juga terdapat banyak orang berjualan seperti angkringan hingga café.

2. Titik Nol Kilometer

Salah satu wisata Jogja dekat Malioboro yang satu ini pastinya sudah banyak dikenal masyarakat luas. Yaitu sebuah kawasan yang penuh dengan bangunan kuno peninggalan zaman penjajahan Belanda ini, seringkali menjadi salah satu spot favorit berfoto.

Setiap pengunjung pastinya akan menyempatkan waktunya untuk berfoto disini. Karena selain gratis, suasana yang ditimbulkan oleh bangunan berwarna putih tersebut seperti menunjukkan sedang di Eropa. Banyak yang menyebut bahwa Titik Nol ini adalah Eropanya Jogja.

3. Museum Sonobudoyo

Bagi pecinta barang antik, dapat mengunjungi Museum Sonobudoyo yang menjadi salah satu wisata Jogja dekat Malioboro saat bermain ke Jogja. Di museum ini, pengunjung dapat menemukan berbagai koleksi barang antik seperti keris, arca, dan lainnya.

Tidak hanya itu, di tempat ini dapat ditemukan berbagai macam kerajinan dari zaman dahulu seperti batik, keramik, gerabah, dan lain-lain. Untuk akses masuknya pun juga murah yakni hanya dua ribu hingga tiga ribu saja perorangnya.

4. Keraton Yogyakarta

Ingin melihat-lihat benda peninggalan zaman dahulu? Tenang saja, karena semua dapat ditemukan ketika berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Sebagai tempat istana kesultanan Jogja di zaman dahulu, keraton menyimpan banyak hal di dalamnya seperti benda-benda peninggalan sejarah.

Dalam bangunan keraton ini, terdapat berbagai macam muesum, yakni museum kristal, museum batik, hingga museum foto dan lukisan. Khususnya bagi pecinta batik, selain hanya berkunjung saja ternyata juga bisa lo belajar membatik di tempat ini.

5. Situs Warungboto

Tempat wisata Jogja dekat Malioboro berikutnya adalah Situs Warungboto. Sebuah tempat cagar budaya pesanggrahan atau pemandian yang berlokasi di Jl. Veteran ini memiliki model bangun mirip wisata Taman Sari. Akses masuk kesini cuma Rp. 3.000.

Tempat wisata ini berbentuk sebuah kolam yang bulat dan persegi. Disana juga ada lorong yang sangat menarik untuk ditelusuri. Tak jarang, bahwa banyak juga yang melakukan foto prewedding dengan pasangannya di tempat ini.

6. Selfie Park Taman Pule

Sesuai dengan namanya, tempat ini adalah tempat yang direkomendasikan untuk mengabadikan momen dengan berfoto baik sendiri, maupun bersama orang lain. Di tempat ini, terdapat setidaknya 7 spot seperti gate, bunga matahari, dan masih banyak lagi.

Suasana di tempat ini akan semakin bagus apabila di waktu senja karena akan ada perpaduan lampu malam dan suasana gelapnya. Untuk berkunjung ke tempat ini pun membutuhkan biaya tiket masuk yang dibandrol seharga Rp. 10.000 saja.

7. Pasar Beringharjo

Ingin membeli oleh-oleh buat orang lain ketika pulang dari Kota Jogja? Solusinya adalah Pasar Beringharjo. Di pasar ini, pengunjung dapat menemukan berbagai macam kebutuhan mulai dari sandang, pangan, benda-benda unik, dan masih banyak lagi lainnya.

Tiap wisatawan dari berbagai daerah, seringkali mengunjungi pasar ini untuk membeli oleh-oleh bagi keluarga, teman, atau pasangan. Sebuah pasar tertua yang sudah beroperasi sejak tahun 1758. Sehingga pasar ini memiliki nilai historis yang sangat kental.

8. Museum Benteng Vredeburg

Pada tahun 1765, Belanda membangun sebuah benteng pertahanan yang dinamakan dengan Benteng Vredeburg. Zaman dahulu, benteng ini menjadi sebuah tempat peristirahatan bagi para tentara kolonial Belanda ketika kelelahan. Namun kini, beralih fungsi menjadi tempat wisata.

Di dalam benteng tersebut, pengunjung dapat menemukan berbagai macam benda peninggalan seperti arsitektur orang dulu. Bangunan yang dibangun dengan gaya Indis ini memiliki kesan kuat perpaduan Eropa dan Jawa. Untuk masuk, biayanya pun juga murah.

9. De Arca Museum Jogja

Pernah berkunjung ke museum De arca yang ada di Jogja? Jika belum, silahkan mencoba mengunjunginya. Di museum ini, dapat ditemukan patung tokoh terkenal dari berbagai negara yang berbentuk tiga dimensi. Sangat cocok bagi pecinta patung.

Dengan kualitas museumnya yang sangat mahal, maka tiket masuk yang dibutuhkan juga mahal. Di hari aktif, untuk masuk ke museum ini membutuhkan biaya tiket sebesar Rp. 35.000. Sedangkan di hari libur, naik menjadi Rp. 50.000.

10. Taman Sari

Tempat wisata Jogja dekat Malioboro selanjutnya adalah Taman Sari. Sebuah tempat yang tidak hanya berfungsi untuk wisata saja, namun disini juga bisa belajar tentang sejarah di masa lalu. Sehingga membuat tempat ini selalu ramai pengunjung.

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi study tour bersama sekolahnya. Di tempat ini, akan mendapatkan banyak sekali hal-hal yang belum diketahui sebelumnya. Di tempat ini pula pengunjung dapat berfoto sepuasnya.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi wisata Jogja dekat Malioboro yang wajib dikunjungi ketika bermain ke Jogja. Berbagai tempat wisata yang pastinya tidak akan menguras dompet dan dapat dijadikan sebagai tempat berfoto, belajar, hingga prewedding sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *