Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa tempat wisata pegunungan yang berada di daerah Jogja yang dapat dikunjungi bersama orang-orang tersayang. Wisata pegunungan jogja ini memiliki udara yang bersih nan sejuk selain itu, juga menawarkan berbagai spot instagramable.

Bagi wisatawan sedang merencanakan untuk berlibur ke kota pelajar bukan salah satunya bukan untuk mencoba wisata alam jogja seperti pegunungan. Penasaran pegunungan apa saja yang bisa dikunjungi? Berikut ini rekomendasinya:

1. Kaliurang

Rekomendasi wisata pegunungan jogja yang pertama adalah kaliurang yang berada di kawasan lereng Merapi. Tempat berada di kabupaten Sleman, kecamatan hargobinangun kecamatan pakem lebih tepatnya berada di jalan siaga kaliurang.

Kaliurang sendiri selain dikenal dengan udaranya yang sejuk dan lebih dingin, harga tiket yang ditawarkannya juga sangatlah murah. Yakni dibanderol dengan harga delapan ribu rupiah saja, namun harga tersebut sewaktu-waktu juga bisa berubah-ubah.

Wisata kaliurang ini juga sudah dilengkapi dengan villa yang dapat digunakan untuk menginap bagi wisatawan yang dari luar daerah. Selain itu kaliurang juga menyediakan bumi perkemahan yang dikhususkan bagi wisatawan yang suka berkemah.

Wisata ini juga menyediakan sebuah museum vulkanik Merapi yang dikhususkan untuk wisatawan yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang gunung Merapi. Wisatawan juga bisa berkunjung ke gardu pandang guna untuk melihat gagahnya puncak Merapi.

2. Kebun Buah Mangunan

Wisata pegunungan jogja selanjutnya yaitu bertepatan di jalan Dlingo, desa Sukorame, bertepatan di kabupaten Bantul. Tempat wisata tersebut bernama kebun buah mangunan yang biasa dikenal dengan pemandangan yang indah dan sejuk.

Kebun buah Mangunan ini sering disebut-sebut dengan negeri di atas awan. Karena bagi pengunjung yang beruntung pasti akan menemukan hamparan awan yang sangat elok nan menawan dengan pegunungan sewu.

Selain itu pengunjung juga akan manjakan dengan suasana perbukitan, keelokan sungai dan lembah. Kebun buah mangunan ini banyak ditanami dengan pohon buah-buahan seperti pohon buah durian, pohon belimbing, pohon rambutan dan lain-lain.

Untuk mengunjungi lokasi ini wisatawan hanya dikenakan tarif sebesar 6.750 rupiah saja untuk hari biasa. Apabila sedang ada event atau hari-hari libur maka wisatawan dikenakan harga tiket dengan tarif 7.750 setiap orangnya.

3. Kalibiru

Selain di kebun buah Mangunan wisatawan juga bisa menikmati keindahan pemandangan bukit menoreh dari Kalibiru. Karena keindahan alamnya tersebut membuat tempat wisata ini sangatlah populer.

Kalibiru sendiri merupakan sebuah hutan milik kemasyarakatan yang berada di daerah perbukitan menoreh. Dari sana pengunjung akan dimanjakan dengan panorama waduk sermo yang menjadi pemandangan utama di pegunungan tersebut.

Pemandangan Danu atau waduk sermo semakin terlihat indah karena danau ini dikelilingi oleh hijaunya dari perbukitan menoreh. Lebih-lebih jika wisatawan datang waktu sore hari saat menjelang senja mata pengunjung akan semakin dimanjakan dengan keindahannya.

Karena semburat atau bisan cahaya matahari yang berwarna senja di sore hari akan menjadi latar belakang yang menawan. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai objek fotografi, untuk harga tiket masuknya juga sangat terjangkau hanya 10.000.

4. Gunung Merapi

Jika membicarakan wisata pegunungan jogja yang menjadi subjek utama adalah gunung Merapi. Yang mana gunung ini menjadi subjek tempat wisata bagi para pendaki Baim dari luar daerah atau pendaki dalam daerah Jogja.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.967 meter berada diatas permukaan air laut dan berlokasi di beberapa kabupaten yang berada di Jawa tengah. Seperti kabupaten Magelang, kabupaten Boyolali, serta Klaten.

Namun saat ini jalur pendakian semakin berkurang dikarenakan adanya erupsi besar digunung Merapi pada tahun 2010. Saat ini jalur pendakian dialihkan yakni berada di kabupaten Boyolali tepatnya di jalur Selo.

Lebih tepatnya berada di dusun dua soroteleng dan pastinya berada di Selo Boyolali. Nah bagi wisatawan yang ingin melakukan pendakian cukup membayar tiket masuk senilai enam belas ribu rupiah saja.

Gunung Merapi sendiri sampai saat ini masih aktif bahkan beberapa bulan lalu juga mengeluarkan abu vulkanik. Namun keadaan ini justru dijadikan tantangan tersendiri bagi para pendaki, bahkan banyak sekali pendaki yang menyukai gunung ini.

5. Kebun Teh Nglinggo

Sebenarnya Jogja juga mempunyai perkebunan teh yang berlokasi di kabupaten kulon Progo. Lebih tepatnya berada di desa Pagerharjo kemudian wisata tersebut berada di kecamatan Samigaluh.

Perkebunan tersebut merupakan kebun Teh satu satunya yang bertepatan di provinsi DIY atau daerah istimewa Yogyakarta. Selain itu, harga tiket untuk para wisatawan juga sangat murah sebab hanya tiga ribu rupiah saya untuk satu orangnya.

Tempat perkebunan teh ini berada pada ketinggian 800 meter sehingga dapat menawarkan hawa atau udara yang sangat sejuk. Selain dari hawa yang sejuk pengunjung juga akan disuguhkan dengan hamparan perkebunan teh hijau sudah sampai sana.

Kemudian pengunjung juga dapat mencoba melakukan pendakian kecil di bukit kukusan guna untuk melihat keindahan kota Yogyakarta dari ketinggian. Selain itu pengunjung juga dapat bermain di air terjun yang bernama grojogan watu Jonggol.

Itulah 5 rekomendasi wisata pegunungan jogja yang dapat dijadikan tujuan saat waktu liburan datang. Temukan berbagai keindahan alam yang disuguhkan dan berbagai spot wahana yang mengasyikan dengan konsep yang unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *