Wisata air terjun dapat wisatawan jumpai di banyak tempat, di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Lebih-lebih wisata alam memanglah sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya yakni wisata air terjun di jogja yang tengah populer saat ini.

Selain memiliki bentuk yang unik wisata air terjun juga menyuguhkan sebuah tempat wisata yang sangat alami nan sejuk. Sehingga setiap wisatawan yang berkunjung sangat betah, dan ingin berlama-lama. Berikut ini rekomendasinya:

1. Air Terjun Kembang Soka

Air terjun kembang soka yang beberapa lalu sempat viral di beberapa media sosial ini berada di tanah menoreh. Tepatnya berada di kabupaten Kulon progo kemudian bertepatan atau berada di jalan raya Kaligesing dan berkecamatan di Girimulyo.

Asal usul diberi nama kembang soka ini adalah dulunya di tempat sekitaran air terjun tersebut banyak ditumbuhi dengan pohon kembang soka. Sehingga tempat tersebut diberi nama air terjun kembang soka.

Meskipun musim kemarau berkepanjangan destinasi wisata air terjun ini tetap tak pernah surut airnya. Sehingga wisatawan dapat datang kapan saja dan tak perlu khawatir karena meskipun musim kemarau, tetap bisa menikmati keindahan alam nan asri.

Selain itu wisatawan yang ingin melakukan liburan ke wisata kembang soka ini hanya dikenakan tarif karcis sebesar 10.000 rupiah. Menarik untuk dikunjungi bukan?

2. Air Terjun Lepo

Air terjun Lepo ini masih terbilang destinasi wisata yang cukup asri, dikarenakan di sekitaran air terjun masih ditumbuhi pepohonan yang banyak. Meskipun tepat tersebut jauh dari keramaian kota, namun jalan menuju ke lokasi sudah sangatlah mudah.

Wisata ini berada di jalan Pokoh bertepatan di desa dan kecamatan yang sama yakni Dlingo, lebih tepatnya berada di kabupaten Bantul. Jalannya sudah mulus bersemen, sehingga cukup aman jika dilewati.

Sisi menariknya dari tempat ini adalah mempunyai empat kolam yang alami yang berhubungan langsung dengan tiga air terjun. Dari setiap kolam tersebut memiliki kedalaman kolam yang berbeda.

Air terjun Lepo ini disebut-sebut memiliki kecantikan yang sama dengan destinasi wisata di Thailand yang bernama Erawan Fall. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung hanya dikarenakan biaya masuk senilai 3.000 rupiah saja.

3. Air Terjun Kedung Pedut

Jika pergi berwisata ke kulon Progo, jangan lupa untuk mampir ke air terjun Kedung Pedut. Wisata tersebut berada di jalan Kutogiri Gunung Kelir lebih tepatnya berada di desa Jatimulya dan berkecamatan di Girimulyo.

Untuk harga tiket masuk wisata Kedung pedut ini, setiap wisatawan hanya diberi tarif sebesar 3.000 rupiah saja. Di saat musim penghujan tempat wisata ini memiliki volume air yang lebih deras dan berkabut.

Sehingga nama air terjun tersebut dinamai dengan nama pedut yang diambil dari kata kabut. Pengunjung yang datang disuguhkan dengan air yang masih jernih dan berwarna tosca, sehingga sangat aman jika sekedar bermain dan berenang.

4. Air Terjun Luweng Sampang

Rekomendasi wisata Air terjun di Jogja yang menawarkan keindahan alam nan cantik yang selanjutnya adalah Luweng Sampang. Air terjun tersebut sangat cocok untuk sekali untuk berfoto karena tempatnya berada di tengah bebatuan karst yang eksotis.

Tempat wisata ini berlokasi di kabupaten gunung kidul, berkecamatan di Kedang sari. Lebih tepatnya berada di jalan Juminahan, Sampang. Untuk wisatawan yang akan melakukan liburan atau berwisata ke tempat ini, tak perlu membayar harga tiket masuk.

Meskipun gunung kidul ini memang sering sekali dilanda dengan kekeringan saat musim kemarau. Namun hal ini tidak berdampak dengan menyusutnya air di air terjun Luweng Sampang benar-benar ikut surut.

5. Curug Pulosari

Destinasi wisata yang selanjutnya ini adalah Curug Pulosari yang berlokasi di Bantul dan memiliki jarak tempuh 20 km dari pusat perkotaan. Wisata ini berada di tempat yang tersembunyi, sehingga tak heran jika memiliki definisi wisata hidden gems.

Wisata ini berada di kabupaten Bantul bertepatan desa Pulosari lebih tepatnya di kecamatan pajangan. Tempat wisata namakan curuk bukan air terjun, karena tempat ini memiliki debit air lebih kecil berbeda dengan air terjun.

Namun Curug pulosari ini tetap menyuguhkan keindahan alam yang menarik dan tak kalah cantik dengan air terjun pada umumnya. Selain itu tempat wisata Curug Pulosari ini juga sudah menyediakan berbagai fasilitas yang menarik.

Satu diantaranya adalah gazebo yang dapat digunakan wisatawan untuk berteduh dan beristirahat. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Curug pulosari, setiap orangnya hanya dibanderol dua ribu rupiah saja.

Keindahan yang ditawarkan oleh Curug Pulosari bisa dijadikan sebagai spot foto instagenic. Kemudian bisa menjadikan feed postingan media sosial pengguna semakin terlihat cantik.

Itulah 5 rekomendasi wisata air terjun di Jogja yang dapat di kunjungi saat waktu liburan tiba bersama dengan orang tersayang. Karena selain tempatnya yang indah, wisata yang telah disebutkan di atas juga sangatlah murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *