Salah satu provinsi yang menjadi surganya wisata adalah Yogyakarta. Bahkan jika mencari pantai indah sekalipun Jogja punya, itu dengan banyaknya pilihan pantai indah dengan pasir putih. Disini akan dibahas rekomendasi pantai pasir putih di Jogja yang bagus dan Indah.

Tidak cuma menyediakan wisata yang berhubungan dengan keraton dan kebudayaan saja, Jogja juga mempunyai tempat wisata alam yang bisa dinikmati dan menarik untuk dikunjungi. Contohnya pantai yang tidak membuat wisatawan bosan karena banyak pilihan seperti yang sudah terangkum seperti berikut:

1. Pantai Pok Tunggal 

Rekomendasi pantai pasir putih di Jogja yang pertama ini bernama Pantai Pok Tunggal. Lokasi pantai ini ada di wilayah Desa Tepus yang tepatnya ada dalam Kabupaten Gunung Kidul. Selain itu, pantai ini juga disukai wisatawan karena sangat indah dan bersih dari sampah.

Pantai ini belum banyak diketahui orang dan tidak seramai pantai lain jadi aksesnya masih belum terbilang bagus. Ada banyak jalan yang berkerikil dan rawan tergelincir untuk kendaraan roda dua. Jadi untuk menuju kesini pengunjung harus sedikit berhati-hati jika membawa motor.

Namun dari sulitnya medan yang ditempuh itu akan sepadan dengan hasil akhir yang didapatkan. Akan ada pemandangan alam berupa pantai yang indah di akhir sudah menanti pengunjung. Untuk harga tiket masuknya sendiri sangat terjangkau hanya sebesar 3 ribu rupiah. 

 2. Pantai Indrayanti 

Selanjutnya ada destinasi pantai pasir putih lain yang tak kalah cantik untuk dikunjungi. Masih di wilayah dari Desa Tepus kabupaten Gunung Kidul pantai ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis. Ada banyak karang-karang yang indah terlihat dari permukaan air laut.

Selain itu pasirnya juga berwarna putih cukup bersih ditambah ketersediaan beberapa fasilitas yang mendukung. Jadi saat pengunjung datang kesini tidak usah khawatir akan kesulitan fasilitas umum seperti toilet dan mushola.

Datang kesini disaat cuaca yang pas adalah ide terbaik. Harga tiketnya juga masih terjangkau sebesar 10 ribu rupiah per orangnya. Hal itu sebanding dengan kenyamanan yang didapatkan karena disana cukup bersih dan terjaga dari sampah berserakan.

 3. Pantai Sadranan

Jogja masih belum kehabisan pantai pasir putih indah lainnya, pantai yang dimaksud adalah Pantai Sadranan. Letak dari pantai ini berada di Dusun Pule Desa Tepus yang ada dalam wilayah Kabupaten Gunung Kidul.

Untuk masuk kesini pengunjung hanya mengorek kantong sebesar 10 ribu rupiah saja sekali masuk. Uniknya pantai ini sudah cukup ramai dengan wisatawan, terbukti sudah banyak dibangunnya fasilitas umum untuk memanjakan wisatawan.

Belum lagi sudah banyak penginapan yang tersedia bagi pengunjung yang ingin bermalam di sekitaran pantai. Hal yang jadi jualan utama pantai ini tentu saja pemandangan yang indah dan pantai yang bisa dinikmati berkat pasirnya yang cantik dan putih cocok untuk jadi objek foto.

4. Pantai Sepanjang 

Kabupaten Gunung Kidul seperti surganya wisata pantai, terbukti dengan pantai yang satu ini yaitu Pantai Sepanjang. Saat mengunjungi pantai ini pengunjung akan lebih dahulu melewati sejumlah tanaman palem serta saung-saung yang tradisional dengan atap daun kering.

Pemandangan tersebut sangat identik dengan perjalanan menuju pantai. Setelah datang pengunjung bisa langsung beristirahat dengan mengunjungi warung makan yang tersedia di sekitar pantai sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

Bukan cuma pantai berpasir putih, namun pengunjung juga bisa melihat banyaknya terumbu karang yang cantik jika pantai sedikit surut airnya. Ada juga makhluk laut lain seperti bintang laut dan juga bulu babi di pesisir pantai jika air laut sedang surut di sore hari.

5. Pantai Siung 

Ada lagi rekomendasi pantai lainnya yang dinamakan dengan pantai siung. Untuk masuk kesana pengunjung harus pergi ke daerah Desa Purwodadi, Kabupaten Gunung Kidul. Disana pengunjung akan dikenai biaya 10 ribu rupiah saat datang.

Pantai pasir putih ini letaknya masih sangat terpencil dari wisatawan umum hanya segelintir orang saja yang sudah tahu. Jadi jika suka dengan suasana pantai yang lebih tenang tanpa banyak orang ini bisa jadi solusi yang tepat. Berkat keindahan pantai dan juga alam yang masih terjaga ini bisa jadi solusi tepat menghilangkan penat.

6. Pantai Wediombo 

Pantai ini bisa ditempuh dalam perjalanan dengan kurun waktu 2 Jam setengah dari pusat Kota Jogja. Untuk datang kesini bisa langsung cari saja Pantai Wediombo yang letaknya ada di kawasan Jepitu, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai ini sudah mencari incaran banyak turis lokal maupun luar negeri. Tak heran jika pantai ini selalu ramai akan pengunjung setiap harinya karena pemandangannya yang indah. Hamparan laut yang biru serta kawasan yang masih terjaga menjadi daya tarik tersendiri.

Demikian beberapa rekomendasi seputar pantai pasir putih di Jogja yang bisa didatangi. Tetap jaga keasrian wilayah pantai dan sekitarnya saat berkunjung agar tempat wisata tersebut bisa tetap bersih dan cantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *