Tempat wisata alam yang ada di Jogja dan harus di kunjungi, adalah Bukit Panguk Kediwung. Bukit ini merupakan salah satu wisata alam. Bukit ini menawarkan keindahan alam, terutama saat pagi hari. 

Tempat wisata ini letaknya tidak jauh dari Kota Jogja itu sendiri jika ditempuh dengan kendaraan pribadi. Jika bosan dengan wisata alam pantai, bisa mencoba mendatangi tempat wisata ini. 

Pemandangan yang ditawarkan cukup indah terutama bagi yang suka fotografi, sensasinya seperti berada di negeri diatas awan. Latar belakang sunrise dengan diselimuti awan, tentunya menarik diabadikan. 

Spot Foto Menarik di Bukit Panguk Kediwung

Fasilitas yang ditawarkan jika berkunjung ke tempat ini tentunya menarik untuk dinikmati, banyak fasilitas spot foto yang instagramable. Tempat wisata ini buka selama 24 jam sehingga tidak akan kehabisan waktu untuk menikmati keindahannya. Spot foto yang bisa dicoba misalnya:

Paling enak datang saat musim kemarau, karena dijamin pemandangan sangat indah. Jika datang saat musim penghujan takutnya tertutup kabut, dan saat pagi hari jika hujan maka matahari tak terlihat. Jika mau melihat sunset juga bisa datang waktu sore hari, keindahan sunset juga bisa dinikmati. 

Harga Tiket Masuk Bukit Panguk Kediwung

Harga tiket masuk untuk tempat wisata ini murah, tiket masuk Rp5.000, dan biaya retribusi kendaraan berkisar Rp2.000 – Rp5.000. Namun jika ingin menikmati spot foto, harus membayar biaya retribusi lagi.  

Jika ingin gratis maka bisa datang di spot foto gardu pandang sebelah selatan karena gratis. Jika ke gardu pandang sebelah timur maka akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp3.000 dan durasi tiga menit. 

Agak sedikit kurang nyaman bukan? Ada juga spot foto lain yang ternyata pengunjung yang ingin berfoto juga harus mengeluarkan uang. Jika ingin mencoba semua spot foto yang ada kemungkinan membayar sampai Rp200.000.

Hal tersebutlah yang terkadang membuat beberapa pengunjung kurang nyaman dengan adanya biaya retribusi untuk setiap spot foto yang ada. Namun hal itulah yang harus dibayarkan, untuk mendapatkan spot foto indah. 

Selain itu tentunya perlu biaya yang pantas untuk menikmati keindahan yang disajikan di tempat wisata tersebut. Fasilitas selain spot-spot foto yang menawan yang disediakan untuk pengunjung ada fasilitas lain. 

Misalnya tempat parkir, kamar mandi, tempat ibadah, warung untuk makan, kedepannya dari pihak pengelola akan terus memperbaiki. Dengan terus memperbaiki, tentunya kenyamanan pengunjung akan terpenuhi. 

Rute Perjalanan Ke Bukit Panguk Kediwung

Tempat wisata ini terletaknya lumayan jauh dari pusat kota Jogja jadi yang ingin menikmati keindahan alam ini butuh usaha lebih. Terletak di wilayah Kediwung Desa Mangunan Dlingo Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Berada di ketinggian tertentu tentunya saat berkunjung ke tempat ini kendaraan harus dalam keadaan terbaik. Selain itu supir atau yang mengendarai kendaraan harus dalam kondisi fit, agar selamat sampai tujuan. 

Jalanan menuju tempat ini cukup berlaku dan naik turun, makanya perlu kondisi kendaraan yang baik. Jarak dari pusat Kota Yogyakarta 20 Km, jarak tempuh untuk menuju tempat wisata ini sekitar 1 jam. 

Pengunjung harus mengarahkan kendaraannya menuju selatan kota Jogja karena tempat ini berada di Imogiri Bantul Yogyakarta. Kondisi jalanan beraspal dan cukup halus, sehingga cukup aman untuk pengendara. 

Usahakan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat saat berkunjung ketempat wisata ini. Kendaraan bisa sampai area pasar Imogiri kemudian belok ke arah kiri. 

Ikuti jalan karena menuju tempat ini ada petunjuk jalan yang membantu pengunjung untuk datang ketempat. Jika masih bingung bisa menggunakan Google Maps, jika sinyal hilang bisa tanya warga sekitar. 

Destinasi ke tempat wisata ini wajib dikunjungi jika ingin mencari suasana yang berbeda saat berkunjung di Yogyakarta. Jika berkunjung saat liburan dan weekends, tentunya ramai jadi harus berhati-hati. 

Itulah tadi destinasi Bukit Panguk Kediwung, salah satu tempat wisata di Jogja dan beberapa fasilitas dan spot foto yang dinikmati. Ada biaya retribusi yang harus dibayarkan juga, jadi siapkan uang yang cukup. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *