Stasiun Tugu Yogyakarta merupakan tempat mobilitas dan aktivitas transportasi kereta api yang ramai dikunjungi oleh wisatawan yang akan berlibur di kota ini. Destinasi wisata dekat stasiun Jogja bisa dijadikan pilihan liburan yang murah.

Akses transportasi yang dekat dengan stasiun sehingga mudah dijangkau dan tak perlu jauh-jauh. Meski agenda padat dan tak punya banyak waktu untuk liburan, pengunjung masih tetap bisa piknik ke tempat wisata dekat stasiun Jogja.

Cocok bagi yang hanya memiliki waktu terbatas, objek wisata dekat Stasiun Tugu bisa menjadi pilihan. Selain lokasi yang strategis, juga murah dan cepat. Berikut ini sejumlah objek wisata dekat stasiun yang bisa dikunjungi.

1. Malioboro

Objek wisata yang satu ini memang benar-benar terasa Jogjanya, tak heran jika kawasan ini sering kali menjadi setting sinetron atau FTV. Menjangkau Malioboro sangat mudah, hanya lima menit berjalan kaki dari stasiun Jogja. Jalan Malioboro yang tersohor berada di Sosromenduran, Gedong Tengen.

Ada jajanan enak, tukang becak, barang-barang bermotif batik, pertunjukan karya seniman lokal, tukang delman, dan banyak lainnya. Kini kawasan Malioboro sudah dipercantik dengan spot foto keren, lampu jalan, dan bangku-bangku panjang.

Suasana khas Kota Pelajar di Malioboro memang bikin kangen untuk selalu datang berkunjung. Wisatawan dapat melakukan banyak hal di Malioboro. Mulai dari belanja oleh-oleh dan barang-barang unik, kulineran, bersantai di bangku yang disediakan. 

Selain itu juga bisa naik delman keliling Malioboro bareng pasangan pada senja hari. Selain itu juga dapat berburu foto instagramable tentunya.

2. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg bisa dijadikan wisata sejarah, sekitar 1,6 kilometer dari Stasiun Tugu. Pengunjung bisa berjalan kaki ke Museum ini sambil menikmati suasana teduh nuansa Malioboro. 

Bangunan Belanda ini kini dialihfungsikan menjadi museum, dulunya merupakan bekas penjara bagi para pejuang pribumi. Benteng kuno yang bernilai sejarah ini letaknya di sebelah selatan Pasar Beringharjo. 

Hanya dengan berjalan kaki kira-kira 20 menit dari Malioboro menuju ke museum ini. Di dalamnya terdapat banyak barang klasik bernilai sejarah dan bermacam diorama zaman perjuangan dahulu kala.

Bangunan peninggalan zaman kolonial ini juga masih tampak terawat dan dapat dijadikan spot foto yang instagramable, sayang kalau dilewatkan. Benteng ini buka mulai Selasa hingga Minggu pukul 8:00-15:00 dengan HTM 3000 rupiah per orang. Alamatnya di Jalan Margo Mulyo no.6 Ngupasan, Gondomanan.

3. Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Wisata dekat stasiun Jogja ini merupakan persimpangan jalan yang disekitarnya terdapat bangunan lawas bersejarah. Perempatan ini adalah ruang publik yang biasa untuk beraktivitas masyarakat. Lokasinya yang strategis ini banyak diincar wisatawan karena bisa menjadi spot foto ikonik.

Pengunjung bisa berjalan-jalan di area ini dan melihat-lihat keindahan bangunan kuno, seperti Gedung Agung, Benteng Vredeburg, Kantor Pos Besar, dan Gedung BNI. Arsitektur khas Hindia Belanda ini memang jadi pusat perhatian orang yang berlalu lalang. Titik Nol Kilometer ini berada di Jalan Pangurakan no.1, Ngupasan, Gondomanan.

4. Keraton Yogyakarta

Jika ingin menuju ke Kompleks Keraton Yogyakarta, wisatawan harus berjalan kaki kira-kira 30 menit dari Malioboro. Tempat ini populer bagi turis asing maupun lokal, karena dijadikan sebagai wisata budaya. Keraton ini beralamat di Jalan Rotowijayan Blok nomor 1, Panembahan, Kecamatan Kraton.

Ada banyak diorama yang menceritakan detail masa lalu kebudayaan Yogyakarta. Bangunan di dalam Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ini masih dipelihara dengan baik. Tempat ini bukan hanya tempat tinggal raja, tetapi bisa jadi sarana belajar dengan melihat langsung budaya Jawa dilestarikan hingga kini.

Setiap hari, keraton ini dibuka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, bila hari Jumat hanya sampai jam 12 siang saja. Pengunjung bisa menyaksikan aktivitas abdi dalem, dan ada banyak koleksi keraton yang dijaga dengan baik. Tiket masuknya 7000 rupiah per orang.

5. Tugu Pal Putih

Tugu Pal Putih termasuk landmark Kota Jogja, dan selalu diincar wisatawan untuk diabadikan menjadi spot foto selfie keren. Wisata dekat stasiun Jogja yang satu ini lokasinya berada di tengah jalan raya, sangat dekat dengan stasiun Tugu dan Malioboro.

Tugu ini memiliki potensi sejarah khas di Yogyakarta hingga menjadi ikon kota ini. Terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Golongan, Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta.

Tugu Pal Putih dibangun pada tahun 1955 oleh Sultan Hamengkubuwono I sebagai lambang persatuan untuk melawan Belanda. Tugu Golong Gilig nama tugu ini dulunya.

Demikianlah beberapa destinasi wisata dekat stasiun Jogja yang bisa dijadikan pilihan. Pengunjung tetap bisa menikmati liburan meski agenda padat. Rasanya rugi jika mengunjungi Yogyakarta tanpa menyempatkan mampir ke objek wisatanya. Objek wisata dekat stasiun Tugu memang lebih murah transportasinya dan mudah dijangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *