Wilayah Yogyakarta memiliki banyak tempat istimewa yang beragam, salah satunya yakni wisata Gunung Kidul Jogja. Lantaran tidak hanya tempat menarik, tetapi juga untuk Spot foto bagi semua pengunjung.

Kawasan daerah Gunung Kidul sendiri berjarak kurang lebih 49 km dari pusat Kota Yogyakarta. Sementara waktu tempuhnya sendiri berkisar 1 jam 40 menit. Ditambah lagi banyaknya pilihan objek wisata yang bisa dikunjungi disesuaikan dengan keinginan pengunjung.

Berbagai tempat wisata tersebut juga menghadirkan berbagai macam ciri khas tersendiri. Hal ini juga yang selalu diburu oleh setiap pengunjung ketika datang ke kawasan Gunung Kidul. Maka demi info lengkapnya, simak bahasan lengkapnya.

1. Gunung Api Purba

Wisata Gunung Kidul Jogja pertama yaitu dengan nama gunung api purba, terletak di Desa Nglanggeran. Pengunjung disajikan dengan pemandangan sunrise hingga bisa melihat sunset. Lantaran tinggi gunung hanya berkisar 700 mdpl, dapat berkemah pada bagian atas gunung.

Jika ingin mendaki hingga mencapai puncak dibutuhkan waktu berkisar 50 menit dari arah kaki gunung. Berlokasi di Kecamatan Patuk, Kab. Gunungkidul dengan tiket masuknya sebesar Rp15.000 per orang.

2. Embung Nglanggeran

Berikutnya wisata Gunung Kidul Jogja adalah mengunjungi Embung Nglanggeran. Suatu kawasan yang ditujukan untuk penampungan air dengan luas berkisar 0,34 hektar. Selama ini juga digunakan sebagai pengairan kebun serta buah milik warga berupa kelengkeng serta durian.

Kawasan wisata ini juga letaknya tidak begitu jauh dari gunung api purba hanya berkisar 1,5 KM. Sama-sama terletak pada Desa Nglanggeran Wetan, juga termasuk dalam wisata populer yang banyak dikunjungi oleh setiap pengunjung local, tiketnya Rp20.000 saja.

3. Kedung Kandang

Jangan lewatkan wisata Gunung Kidul Jogja yang populer yaitu mengunjungi Kedung Kandang. Merupakan wisata yang menghadirkan air terjun bertingkat dengan sajian unik, terletak di Desa Nglanggeran. Lantaran letaknya sendiri berada di sekitar persawahan.

Serta disusun atas batuan vulkanik letaknya persis di bagian selatan Gunung Api Purba. Butuh berjalan kaki berkisar 30 menit mulai dari area parkir hingga bisa mencicipi indahnya air terjun. Banyaknya pemandangan indah menghiasi kawasan air terjun.

4. Griya Coklat Nglanggeran

Wisata yang dinilai wajib untuk dikunjungi pada wilayah Gunung Kidul Jogja yaitu Griya coklat Nglanggeran. Lantaran dapat melihat bagaimana proses untuk memproduksi olahan coklat. Serta juga menyediakan berbagai paket untuk wisata belanja, dengan tiket masuk Rp30.000/orang.

Serta juga dapat mencicipi sejumlah produk olahan yang terbuat dari coklat. Misalnya saja yang paling unggul adalah minuman coklat murni. Lalu juga menyediakan berbagai varian yang bisa disesuaikan dengan selera pengunjung.

5. Desa Wisata Bobung

Begitu juga halnya untuk desa wisata bobung yang ada di kawasan Gunung Kidul Jogja termasuk dalam unggulan. Terletak pada Kecamatan Patuk, namun berada di Desa Putat. Juga termasuk dalam wisata Gunung Kidul Jogja digemari setiap orang.

Terutama dengan kawasan yang ramah akan budaya khususnya untuk pembuatan topeng kayu. tidak hanya itu juga termasuk dalam Desa tertua yang pernah ada di daerah Gunung Kidul.

Serta dapat melihat bagaimana untuk proses pembuatan berbagai kerajinan. Misalnya saja seperti patung hingga topeng kayu.

6. Goa Pindul

Kemudian bisa menyaksikan keindahan Gua Pindul yang letaknya pada Bejiharjo, Karangmojo. Ketika memasuki gua wisatawan dapat menyewa pelampung. Dengan itu dapat menyaksikan keindahan yang berada dalam gua dengan cukup mengikuti arus yang terdapat pada sungai ini.

Untuk menyusuri wisata tersebut dibutuhkan waktu 45 menit, dengan tiket Rp40.000. Panjang rute yang bisa dinikmati ketika berkunjung pada wisata ini berkisar 350 meter. Juga terdapat berbagai zona mulai dari yang gelap hingga terang.

7. Wisata Sungai Oyo

Lalu juga ada sebuah wisata populer yakni Sungai Oyo yang disebut mirip dengan Goa Pindul. Hanya saja untuk konsep sungainya sendiri, lebih menyatu pada alam. Kemudian tampilan yang terbuka, cocok digunakan sebagai lokasi petualangan, tiketnya berkisar Rp30.000.

Karena juga dihiasi dengan berbagai tebing berukiran indah juga terlihat alami. Karena adanya susunan batuan karst yang terdapat di Gunung Kidul. Lalu pada bagian akhirnya sendiri akan disuguhi dengan pemandangan Air Terjun Pengantin.

8. Goa Gelatik

Rekomendasi terakhir objek wisata dengan nama Gua Gelatik dengan tiket masuk sebesar Rp40.000. Untuk letaknya berada di sekitar Goa Pindul, Bejiharjo, daerah Karangmojo  dengan jarak 1,4 km. Gua tersebut sebenarnya telah ada dan ditemukan warga sejak tahun 2014.

Hal yang paling menarik dari gua ini dari pandangan sejumlah warga. Lantaran jalurnya yang vertikal dan horizontal. Maka untuk itu dianggap begitu menantang serta butuh pemandu ketika ingin melakukan susur gua.

Jadi itulah bahasan terkait dengan wisata Gunung Kidul Jogja. Serta masih banyak berbagai tempat atau objek wisata lain yang bisa dikunjungi ketika berwisata ke daerah Gunung Kidul.

Berbagai rekomendasi ini memang atas dasar unsur kesukaan dan banyaknya jumlah pengunjung yang datang. Hal tersebut secara tidak langsung memberikan bukti bahwa wisata ini populer dengan berbagai kelebihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *