Air Terjun Sri Gethuk menjadi sebuah destinasi wisata favorit saat akhir pekan apalagi libur nasional. Memiliki pesona alam yang mampu menghipnotis siapapun yang berkunjung. Berlokasikan di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain pesona alamnya yang indah, terdapat beberapa daya tarik lain bahkan terdapat mitos mengenai air terjun ini. Selain menikmati keindahan alam, beberapa spot wisata lainnya juga membuat pengunjung merasa penasaran dengan tempat yang satu ini.

Keindahan Alam Air Terjun Sri Gethuk

Keberadaan arus deras ini berasal dari Dong Poh, Ngandong dan Ngumbul. Menjadikan ketiganya yang membuat air terjun tersebut tak pernah mengalami kekeringan karena dari mata air ini.

Derasnya aliran air menciptakan kolam alami yang juga dikelilingi oleh undakan-undakan batuan kapur. Wisatawan yang berkunjung dapat bermain air dengan berenang di area kolam ini. Bahkan, menantang keberanian dengan cliff jumping dari tebing menuju Sungai Oyo.

Walaupun pengunjung diperbolehkan untuk berenang, namun beberapa petugas memberikan himbauan untuk tetap berhati-hati karena kedalaman Sungai Oyo mencapai lima meter. Maka dari itu, sewalah pelampung atau ban jika dirasa tidak terlalu pandai untuk berenang.

Pagi hingga siang hari menjadi waktu yang pas dan direkomendasikan untuk mengunjungi air terjun yang indah ini. Jika berkunjung saat akhir pekan, maka akan lebih ramai dan membuat kenyamanan saat menikmati wisata alam ini kurang memuaskan.

Harga Tiket dan Jam Buka Wisata Air Terjun

Agar bisa menikmati keindahan alamnya, maka pengunjung harus membayar harga tiket untuk masuk ke area ini senilai Rp 15.000/orang. Harga tiketnya juga sudah termasuk tiket untuk memasuki Goa Rancang Kencana.

Jika ingin menyewa pelampung, maka dipatok dengan harga berkisar Rp 10.000 saja perorangnya. Bagi yang ingin menikmati permainan lain seperti flying fox sambil melihat pemandangan Sungai Oyo, pengunjung harus mengeluarkan biaya seharga Rp 35.000.

Selain itu, jika ingin menikmati pemandangan aliran Sungai Oyo dengan tenang beramai-ramai, maka coba untuk menaiki body rafting. Tiketnya seharga Rp 30.000 per orangnya dan pengunjung akan terapung sejauh 350 meter.

Objek wisata ini dibuka pada pagi hari pukul 8 dan tutup pada pukul 4 sore dan buka hanya pada hari Selasa hingga Minggu. Selain itu, terdapat area parkir, toilet, musholla hingga tempat makan.

Rute Perjalanan Menuju Kawasan Air Terjun

Jarak tempuh yang harus dilalui dari pusat Kota Yogyakarta menuju air terjun dengan jarak sekitar 33 KM. Perjalanannya pun dapat diakses oleh sepeda motor maupun mobil memakan waktu selama 1,5 jam.

Apabila sudah sampai di area parkir, pengunjung dapat menuju lokasi Air Terjun Sri Gethuk dengan melalui dua opsi. Caranya yaitu dengan melakukan trekking atau berjalan kaki dan juga dengan menggunakan rakit khusus di tempat tersebut.

Jika dengan berjalan kaki, maka jarak tempuhnya sejauh 450 meter. Namun, jika menggunakan rakit maka jarak tempuhnya lebih cepat dan perjalanannya hanya selama 10 menit saja untuk sampai ke lokasi air terjun.

Rakit yang dibuat menggunakan drum bekas serta pelampung dibuat oleh warga setempat dengan harga tiket Rp 10.000/orang untuk menaikinya. Selain memangkas waktu untuk perjalanan menuju air terjun, menaiki rakit pun tidak akan membuat pengunjung lelah.

Spot Wisata di Kawasan Air Terjun

Selain air terjunnya yang menjadi pemandangan utama yang harus dinikmati, terdapat beberapa wisata indah lain di kawasan ini. Daya tarik ini pun menjadi tujuan para pengunjung untuk menjelajahi ekowisata tersebut.

1. Air Terjun yang Bercabang Tiga

Sumber mata air sebanyak tiga tempat ini menciptakan keberadaan aliran deras yang dinamakan dengan Air Terjun Sri Gethuk. Airnya tidak pernah mengalami kesurutan meskipun diterjang oleh beberapa musim.

Saat mencapai debit air yang tinggi, air terjun ini bahkan mencapai lima cabang air terjun. Airnya tidak langsung membentuk kolam alami, namun mengalir lebih dahulu melalui bebatuan pada tebingnya. Setelah itu, mengalir menuju Sungai Oyo.

Air terjun yang memiliki ketinggian berkisar 25 meter ini mengharuskan pengunjungnya untuk menggunakan alas kaki yang sesuai. Sebab, bebatuan di sekitar air terjunnya cukup licin jika menginjakkan kaki dengan alas yang tidak tepat.

2. Sungai Oyo

Adanya Sungai Oyo membuat wisata air terjunnya menjadi lebih berbeda dengan objek wisata di tempat lain. Pesona sungai ini seperti keindahan dari Verdon Gorge Canyon yang berada di Perancis.

Sungai dengan air berwarna kehijauan dengan tebing bebatuan yang kokoh ini menciptakan keindahan alam yang memanjakan mata pengunjung. Wisatawan dapat menikmatinya dengan menyewa rakit khusus yang buka hingga pukul 16.30 WIB.

Itulah rekomendasi wisata Air Terjun Sri Gethuk layaknya Verdon Canyon versi Gunung Kidul yang patut untuk dikunjungi. Keindahan alamnya yang mempesona jangan sampai terlewatkan untuk dinikmati karena banyak spot wisata lainnya yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *